radarbengkulu.bacakoran.co- Khutbah merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari Shalat Jumat.
Didalamnya berisi syarat, rukun, pesan taqwa dan adab.
Namun, penting bagi sang khatib memperhatikan durasi saat ia berkhutbah. Mengenai batas waktu durasi membaca Khutbah Jumat, Kitab Nihayah al-Muhtaj Juz 2 halaman 326 menjelaskan, jika tidak ada ketentuan yang mengatur berapa lama.
Tetapi dianjurkan agar lamanya khutbah tidak melebihi lamanya shalat Jumat.
وَيُسَنُّ أَنْ تَكُوْنَ الخُطْبَةُ بَلِيْغَةً مَفْهُوْمَةً-إلى أن قال-قَصِيْرَةً أي بِالنِّسْبَةِ لِلصَّلاَةِ لِخَبَرِ مُسْلِمٍ أَطِيْلُوْا الصَّلاَةَ وَأَقْصُرُوْا الخُطْبَةَ فَتَكُوْنُ مُتَوَسِّطَةً بَيْنَ الطَوِيْلَةِ وَالقَصِيْرَةِ وَلاَ يُعَارِضُهُ خَبَرُهُ أَيْضًا مِنْ أَنَّ صَلاَتَهَ كَانَتْ قَصْدًا وَخُطْبَتُهُ قَصْدًا وَمِنْ أَنَّ قَصْرَهَا عَلاَمَةٌ عَلَى الفِقْهِ لِأَنَّ القَصْرَ وَالطُّوْلَ مِنَ الأُمُوْرِ النِّسْبِيَّةِ فَالمُرَادُ بِاقْتِصَارِهَا إِقْصَارُهَا عَنِ الصَّلاَةِ وَبِإِطَالَةِ الصَّلاَةِ إِطَالَتُهَا عَلَى الخُطْبَةِ اهـ
BACA JUGA:Dalam Pengamanan Pilkada 2024, Ada Strategi 2-2-4 dan 2-1-2, Apa Tuh? Ini Penejelasnnya
BACA JUGA:Inspektorat Mukomuko Sudah Jadwalkan Turun ke Desa, Sebaiknya Pemerintah Desa Bersiap
Artinya: "Disunnahkan Khutbah Jumat dibacakan dengan jelas dan memahamkan jemaah sehingga bisa dikatakan lebih cepat daripada shalat Jumat itu sendiri. Hal ini didasari Hadits Muslim, perpanjang durasi shalat dan ringkaslah khutbah," demikian dikatakan dalam kitab tersebut.
Sebagaimana ditegaskan oleh Nabi SAW dalam beberapa haditsnya, bahwa sebaik-baiknya perkara adalah yang sedang atau tengah-tengah, tidak terkecuali soal durasi khutbah.
Nabi SAW mengajarkan durasi khutbah sebaiknya sedang, tidak terlalu panjang dan tidak terlampau pendek. Dalam sebuah riwayat ditegaskan:
BACA JUGA:Wakil Ketua DPR RI Tegaskan RUU Pilkada Batal Disahkan, Pendaftaran Cakada Pakai Putusan MK
BACA JUGA:10 Nutrisi Luar Biasa Yang Terkandung Dalam Kacang Tanah Untuk Kehamilan
كانت صلاة النبي صلى الله عليه وسلم قصدا وخطبته قصدا
"Shalatnya Nabi SAW sedang dan khutbahnya sedang," HR. Muslim dan Abu Daud.